cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. kudus,
Jawa tengah
INDONESIA
IJTIMAIYA
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Social,
IJTIMAIYA adalah jurnal penelitian pendidikan islam yang terbit setiap enam bulan sekali pada bulan pebruari dan agustus oleh program studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kudus. Jurnal berkala ilmiah ini hadir sebagai media publikasi hasil-hasil penelitian terkini dalam bidang Ilmu Pengetahuan Sosial
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2017): IJTIMAIYA : Journal of Social Science Teaching" : 16 Documents clear
AGAMA DAN TRADISI LOKAL ( STUDI ATAS PEMAKNAAN TRADISI REBO WEKASANDI DESA JEPANG, MEJOBO, KUDUS) Dzofir, Mohammad
IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching Vol 1, No 1 (2017): IJTIMAIYA : Journal of Social Science Teaching
Publisher : Program Studi Tadris IPS Fakultas tarbiyah IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/ji.v1i1.3104

Abstract

Upacara tradisional merupakan salah satu faktor pentingdalam peradaban Jawa yang memiliki akar kuat dan tidak lepas darikehidupan masyarakat Jawa. Bagi kebanyakan orang Jawa, inibukan tradisi budaya, tapi juga bagian dari komunitas religius.Melalui upacara tradisional yang dikemas dalam ritual keagamaan,mereka berhak mendapatkan keselamatan dan kebahagiaan hidup.Penelitian ini dimaksudkan untuk mengungkap makna tradisi ReboWekasan di Masjid Wali al-Makmur untuk komunitas Muslim didesa Jepang, Mejobo, Kudus. Penelitian ini menggunakan metodekualitatif dengan pendekatan fenomenologis dengan pemahamanmenyeluruh secara mendalam dan mendalam makna tradisi ReboWekasan untuk masyarakat muslim. Tradisi Rebo Wekasanmerupakan bagian integral dalam kehidupan beragama masyarakatJepang.
INTEGRASI AL-QURAN, SAINS DAN ILMU SOSIAL SEBAGAI BASIS MODEL PENGEMBANGAN MATERI AJAR IPS DI MADRASAH Sanusi, Sanusi
IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching Vol 1, No 1 (2017): IJTIMAIYA : Journal of Social Science Teaching
Publisher : Program Studi Tadris IPS Fakultas tarbiyah IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/ji.v1i1.3105

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsepsimodel pengembangan materi ajar IPS di madrasahmelalui pola danpendekatan integratif.Pola Integrasi sebagai sebuah modelpengembangan materi ajar IPS hadir sebagai upaya untukmemberikan sejumlah alternatif yang berorientasi pada pencapaiantujuan yang lebih holistik.Di samping itu model pengembaangandengan model pendekatan ini dilakukan sebagai kerangka dasaruntuk menempatkan identitas madrasah sesuai porsinya, sehinggamata pelajaran IPS di madrasah memiliki corak dan karakteristikberbasis nilai spiritualitas.Titik berangkat dari modelpengembangan integratif ini adalah dimana al-quran dansainsdapat menjadi sumber dari pembentukan elemen-elemen teoretisuntuk menjelaskan realitas, yang memperkuatkajian ilmu sosialsebagai pengembangan materi ajar IPS yang di terapkan dimadrasah. Selain itu pendekatan ini juga mendorongpengembangan ilmu-ilmu ke-Islam-an yang di dilakukan denganmemperkuat dimensi empiris.
PELAYANAN AKSESIBILITAS JALAN UMUM (JALUR PEDESTRIAN) BAGI PENYANDANG DISABILITAS (STUDI KASUS DI KOTA SERANG) Hasanah, Budi
IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching Vol 1, No 1 (2017): IJTIMAIYA : Journal of Social Science Teaching
Publisher : Program Studi Tadris IPS Fakultas tarbiyah IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/ji.v1i1.3101

Abstract

Pelayanan publik merupakan bentuk pelayanan yangdiberikan oleh penyelenggara pelayanan dalam hal ini adalahpemerintah Kota Serang Provinsi Banten. Pemerintah harus dapatmendistribusikan pelayanan tersebut secara adildalam upayapemenuhan kebutuhan kepada semua lapisan masyarakat tanpa terkecuali. Salah satu jenis pelayanan publik yang berhakmasyarakat peroleh adalah pelayanan aksesibilitas. Penyediaanaksesibilitas salah satunya akses dalam bentuk fisik yaituaksesibilitas jalan umum dengan cara menyediakan jalur pedestrian(trotoar) bagi penyandang disabilitas.Tujuan dari penelitian iniadalah untuk mendeskripsikan dan melakukan analisis bagaimanapelayanan aksesibilitas jalan umum (jalur pendestrian) bagipenyandang disabilitas. Penelitian ini merupakan penelitian studikasus deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif.dengan menggunakan teknis survei literatur akademis di bidangkeilmuan pelayanan publik untuk memperoleh konsep-konsep yangrelevan dengan kajian pelayanan aksesibilitas jalan umum (jalurpedestrian) bagi penyandang disabilitas. Teknik pengumpulan dataini melalui penelusuran berbagai sumber dan literatur, baik berasaldari dokumen pemerintah serta pemberitaan media massaelektronik, jurnal dan berbagai buku yang terkait dengan penelitianini. selain itu peneliti juga menggunakan teknik dokumentasi yangada di lapangan dalam bentuk foto-foto serta dilakukannyapengamatan di lapangan untuk memperkuat data yang ada.Hasilpenelitian ini ditemukan bahwa pelayanan aksesi jalan umum (jalurpedestrian) bagi difabel studi kasus di Kota Serang belum baik.Artinya, aksesibilitas jalur pedestrian tidak ramah terhadap difabelsehingga menyulitkan kaum difabel untuk dapat melakukanmobilitas dengan baik dan mandiri serta kesulitan untukberpartisipasi secara penuh dan efektif dengan warga negaralainnya berdasarkan kesamaan hak.
IDEOLOGI LIBERALISME SEBAGAI DASAR KONSEP PENDIDIKAN INTEGRATIF Khoeroni, Farid
IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching Vol 1, No 1 (2017): IJTIMAIYA : Journal of Social Science Teaching
Publisher : Program Studi Tadris IPS Fakultas tarbiyah IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/ji.v1i1.3102

Abstract

Artikel ini menjelaskan konsep pendidikan Islam yangmengarah pada pendidikan integratif.Selama ini konsep integrasisering diidentikkan dengan integrasi keilmuan saja, padahal secarakeseluruhan konsep integrasi masih bersifat general.Konsepliberalisme pendidikan menekankan pada prinsip problem solvingtentang kehidupannya sendiri secara efektif.ketika merujuk konseputama tentang liberalisme pendidikan maka tujuan yangdiharapkan adalah tentang integrasi antara teori dan praktek. Tidakhanya teori saja yang selalu diajarkan dalam lembaga pendidikannamun juga tentang prakteknya.Problem solving mengharuskandapat mengetahui dengan pasti tentang permasalahan yangdihadapi.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE MIND MAP PADA PELATIHAN PENGEMBANGAN PENGUASAAN MATERI PEMBELAJARAN Karim, Abdul
IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching Vol 1, No 1 (2017): IJTIMAIYA : Journal of Social Science Teaching
Publisher : Program Studi Tadris IPS Fakultas tarbiyah IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/ji.v1i1.3098

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk membantu menyelesaikanketerbatasan guru menemukan metode pembelajaran yang dapatmeningkatkan kreativitas belajar siswa. Penelitian menggunakanpendekatan kualitatif dengan teknikParticipation Action Research.Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran yangefektif dapat memberikan semangat belajar siswa memiliki kriteria:metode itu mampu memberikan semangat siswa menggali hal-halbaru, merangsang otak kiri dan otak kanan berkembang secaraproporsional, dapat menghasilkan ide-ide baru danmengembangkan keterampilan baru. Pelatihan metodepembelajaran mind map, dapat membantu guru: lebih mudahmemahami materi pembelajaran, lebih mudah mengembangkan2 Journal of Social Science Teachingmateri pembelajaran dan mengingat kembali, dapatmengembangkan kreativitas dan menyenangkan. Disarankankepada para guru dapat mengembangkan penggunaan metode mindmap untuk mempermudah memahami dan mengembangkan materipembelajaran serta memperkuat dingatan.
INTERAKSI SOSIAL WANITA PENGRAJIN TENUN IKAT TROSO DALAM KEGIATAN PEMBERDAYAAN DAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (PKK) Wafiroh, Himmah
IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching Vol 1, No 1 (2017): IJTIMAIYA : Journal of Social Science Teaching
Publisher : Program Studi Tadris IPS Fakultas tarbiyah IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/ji.v1i1.3103

Abstract

para pekerja usaha indutri rumah kerajinan tenun adalahpara ibu rumah tangga. Kebanyakan suami mereka bekerja sebagaipetani atau buruh petani. kebanyakan para pekerja pengrajin Tenunlebih ditekuni oleh wanita karena menenun membutuhkanketelitian, keuletan, dan ketekunan yang tinggi. itu merupakanstigma wanita yang memang cocok melakukan pekerjaan itu.Permasalahan yang terjadi para wanita pekerja adalah kurang bisamembagi waktu disamping harus membuat tenun setiap hari, jugaharus menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga memasak,menyapu, merawat rumah dan mengasuh anak, dll. Meski demikian,wanita pengrajin Tenun Ikat Troso mampu membagi waktunya dengan tidak melupakan kewajibannya sebagai makhluk sosial.Dimana setiap manusia harus bersosialisasi dengan manusia lain.Kegiatan sosial untuk wanita di Desa Troso ini salah satunya adalahkegiatan PKK.
PENDIDIKAN INKLUSI SEBAGAI ALTERNATIF SOLUSI MENGATASI PERMASALAHAN SOSIAL ANAK PENYANDANG DISABILITAS Jauhari, Auhad
IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching Vol 1, No 1 (2017): IJTIMAIYA : Journal of Social Science Teaching
Publisher : Program Studi Tadris IPS Fakultas tarbiyah IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/ji.v1i1.3099

Abstract

Anak-anak penyandang cacat memiliki hak yang sama dengan anakanakpada umumnya untuk mendapatkan pendidikan. Sayangnya,ketersediaan pendidikan yang memadai untuk anak berkebutuhankhusus tidak memadai dan setara. Karena penyediaan sekolah luarbiasa hanya ada di kota-kota besar. Pendidikan inklusi datangsebagai solusi alternatif untuk mengatasi masalah sosial anakpenyandang cacat. Tujuan pembentukan sekolah inklusif adalahmeminimalkan dampak yang ditimbulkan oleh sikap eksklusif.Sekolah inklusi juga memberi kesempatan kepada anakberkebutuhan khusus dan kurang mampu menempuh pendidikanpascasarjana.
MENUMBUHKAN SIKAP PEDULI PADA ANAK MELALUI INTERAKSI KEGIATAN SOSIAL Tabi’in, Ahmad
IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching Vol 1, No 1 (2017): IJTIMAIYA : Journal of Social Science Teaching
Publisher : Program Studi Tadris IPS Fakultas tarbiyah IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/ji.v1i1.3100

Abstract

Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuanperlu dikembangkan pada diri anak, terutama anak prasekolah.Peduli sosial perlu dikembangkan agar anak tidak memiliki sifatnegatif, seperti sombong, acuh tak acuh, individualisme, masabodoh terhadap masalah sosial, pilih-pilih teman dan lunturnyabudaya gotong-royong. Peduli sosial adalah sikap dan tindakanyang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain danmasyarakat yang membutuhkan. Dari sinilah kepedul iansosial menuntut kepada setiap individu agar mampumemperhatikan lingkungan tempat tinggalnya ataumasyarakat. Peduli sosial pada anak bisa diartikan sebagai sikap40 Journal of Social Science Teachingmampu memahami kondisi orang lain sesuai dengan pandanganorang lain tersebut, bukan sesuai dengan pandangannya sendiri.Pemahaman sikap ini harus dengan latihan-latihan dengan caraanak dihadapkan pada situasi nyata, serta pemberian contoh darikeluarga dan orangtua anak. Latihan-latihan ini tentunyamemerlukan sosok orang tua, guru untuk mendampinginya.caraguru, orang tua dalam mengembangkan sikap peduli sosial adalahdenganmengintegrasikannya ke dalam kehidupan sehari-hari gunauntuk pembiasaan anak.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE MIND MAP PADA PELATIHAN PENGEMBANGAN PENGUASAAN MATERI PEMBELAJARAN Abdul Karim
IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching Vol 1, No 1 (2017): IJTIMAIYA : Journal of Social Science Teaching
Publisher : Program Studi Tadris IPS Fakultas tarbiyah IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/ji.v1i1.3098

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk membantu menyelesaikanketerbatasan guru menemukan metode pembelajaran yang dapatmeningkatkan kreativitas belajar siswa. Penelitian menggunakanpendekatan kualitatif dengan teknikParticipation Action Research.Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran yangefektif dapat memberikan semangat belajar siswa memiliki kriteria:metode itu mampu memberikan semangat siswa menggali hal-halbaru, merangsang otak kiri dan otak kanan berkembang secaraproporsional, dapat menghasilkan ide-ide baru danmengembangkan keterampilan baru. Pelatihan metodepembelajaran mind map, dapat membantu guru: lebih mudahmemahami materi pembelajaran, lebih mudah mengembangkan2 Journal of Social Science Teachingmateri pembelajaran dan mengingat kembali, dapatmengembangkan kreativitas dan menyenangkan. Disarankankepada para guru dapat mengembangkan penggunaan metode mindmap untuk mempermudah memahami dan mengembangkan materipembelajaran serta memperkuat dingatan.
INTERAKSI SOSIAL WANITA PENGRAJIN TENUN IKAT TROSO DALAM KEGIATAN PEMBERDAYAAN DAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (PKK) Himmah Wafiroh
IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching Vol 1, No 1 (2017): IJTIMAIYA : Journal of Social Science Teaching
Publisher : Program Studi Tadris IPS Fakultas tarbiyah IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/ji.v1i1.3103

Abstract

para pekerja usaha indutri rumah kerajinan tenun adalahpara ibu rumah tangga. Kebanyakan suami mereka bekerja sebagaipetani atau buruh petani. kebanyakan para pekerja pengrajin Tenunlebih ditekuni oleh wanita karena menenun membutuhkanketelitian, keuletan, dan ketekunan yang tinggi. itu merupakanstigma wanita yang memang cocok melakukan pekerjaan itu.Permasalahan yang terjadi para wanita pekerja adalah kurang bisamembagi waktu disamping harus membuat tenun setiap hari, jugaharus menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga memasak,menyapu, merawat rumah dan mengasuh anak, dll. Meski demikian,wanita pengrajin Tenun Ikat Troso mampu membagi waktunya dengan tidak melupakan kewajibannya sebagai makhluk sosial.Dimana setiap manusia harus bersosialisasi dengan manusia lain.Kegiatan sosial untuk wanita di Desa Troso ini salah satunya adalahkegiatan PKK.

Page 1 of 2 | Total Record : 16